Egy Hattrick, Indonesia Pesta Gol ke Gawang Timor Leste

A. Firdaus | 02 November 2017 12:21
Para pemain tim nasional Indonesia U-19 (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Para pemain tim nasional Indonesia U-19 (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Metrotvnews.com, Paju: Tim nasional Indonesia U-19 sempat frustrasi kesulitan menjebol gawang Timor Leste pada babak pertama. Masuknya Egy Maulana Vikri pada babak kedua memberikan warna dan membuat Garuda Nusantara pesta gol 5-0 ke gawang Timor Leste dalam laga kedua Kualifikasi Piala Asia 2018 Grup F, Kamis 2 November di Paju Stadium.

Memang pada laga ini, pelatih Indra Sjafri mencoba melakukan beberapa perubahan. Termasuk mencadangkan Egy Maulana Vikri dan Muhammad Rafli. Peran keduanya digantikan oleh Hanis Saghara dan Resky Fandi.

Dari jalannya pertandingan paruh pertama, terlihat peran Egy Maulana Vikri dan Muhammad Rafli sangat dibutuhkan, sebab kombinasi Witan Sulaeman dan Muhammad Iqbal belum maksimal.

Klik di sini: Rapor Pemain Usai Spurs Mempermalukan Real Madrid

Pada menit-menit awal laga serangan berbahaya Indonesia langsung diciptakan oleh Muhammad Iqbal. Lewat eksekusi bola mati, bola sepakan Iqbal nyaris berbuah gol andai tak dihalau kiper Fernando Da Costa.

Tak seperti melawan Brunei, lini pertahanan Indonesia sesekali mendapatkan kejutan serangan dari Timor Leste. Beruntung penyelesaian akhir mereka masih kurang baik.

Selepas setengah jam pertandingan berjalan, Timor Leste mulai berani melakukan serangan. Tercatat ada dua serangan berbahaya yang dilakukan Danilson Conceicao Araujo. Untungnya dua kesempatan itu masih melenceng.

Enggan membiarkan Timor Leste berkeliaran melakukan serangan, Indonesia mencoba melakukan penguasaan bola. Termasuk peluang yang didapatkan Hanis Saghara meski masih terbentur tiang gawang. Sehingga skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Klik di sini: Jadwal Siaran Langsung Liga Europa Dini Hari Nanti

Pada babak kedua perubahan dilakukan oleh Indra Sjafri. Salah satunya memasukkan Egy dan Saddil Ramdani. Betul saja, gol pemecah kebuntuan pun tercipta melalui Saddil. Ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa digapai Da Costa untuk membawa Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-55.

Unggul, Indonesia justru bermain terlalu santai dan berujung lengah. Sehingga membuat Timor Leste mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol melalui Yohanes Kapitan. Tapi upaya itu dianulir wasit, karena sang pemain sudah berada dalam posisi offside.

Indonesia akhirnya menambah keunggulan melalui Hanis Saghara. Pemain Persibo Bojonegoro ini mampu mengacak-acak pertahanan lawan untuk menjebol gawang Timor Leste. Skor 2-0 Indonesia memimpin pada menit ke-59.

Pundi-pundi gol Indonesia tak berhenti begitu saja. Memanfaatkan para pemain Timor Leste yang sudah tak bisa meladeni serangan agresif, Garuda Nusantara kembali menambah gol. Kali ini Egy yang masuk menggantikan Resky ikut mencetak gol ke gawang Da Costa pada menit ke-83. Pemain Diklat Ragunan ini mampu memanfaatkan terobosan dari Feby Eka untuk membuat Indonesia unggul 3-0.

Klik di sini: Terselip Pujian Guardiola untuk Napoli

Sepuluh menit akhir pertandingan bisa dikatakan menjadi panggung Egy. Pemain kelahiran Medan ini mencetak gol keduanya pada menit ke-86 setelah bola tendangan bebasnya meluncur mulus ke gawang Timor Leste.

Tak berhenti di situ, pada injury time, Egy mencetak hattrick yang kali ini memanfaatkan umpan Muhammad Rifad Sarambessy. Sekaligus memastikan kemenangan Indonesia atas Timor Leste dengan skor 5-0.

Dengan hasil ini, Indonesia tetap kukuh memuncaki klasemen grup F dengan enam poin. Sementara Timor Leste terbenam di posisi buncit. Laga selanjutnya, Garuda Nusantara akan berhadapan dengan Korea Selatan pada Sabtu 4 November mendatang.

Susunan Pemain:
Indonesia U-19:
Muchamad Aqil, Nurhidayat, Firza Andika, Muhammad Rifad, Rachmat Irianto, Muhamad Lutfi, Muhammad Iqbal, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Resky Fandi, Hanis Saghara

Timor Leste U-19: Fernando Da Costa; Nobelito, Soares, Sarmento, Junior, Moreira; Yohanes, Expedito, Freitas, Danilson, J. Soares

Tiket Persija vs Persib Hanya untuk The Jakmania
  (ASM )