1997: Kisah AS yang Akhiri Rentetan Kekalahan di Meksiko

Patrick Pinaria | 02 November 2017 10:27
Momen saat Amerika Serikat kontra Meksiko pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 (Foto: ESPN)
Momen saat Amerika Serikat kontra Meksiko pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 (Foto: ESPN)
Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 2 November 1997 atau 20 tahun silam menjadi hari bersejarah bagi timnas Amerika Serikat. Ketika itu, The Yanks sukses memetik poin di markas Meksiko dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 1998. 

Bagi AS, hasil tersebut merupakan yang terbaik selama bertandang ke markas Meksiko. Bagaimana tidak. Mereka belum pernah menuai kemenangan di sana sejak 1937.

Rivalitas kedua tim sebetulnya dimulai pada 1934 dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia. Ketika itu, pertemuan pertama mereka digelar di markas AS. Mereka pun berhasil mengalahkan Meksiko dengan skor 4-2.

Baca: Hasil Lengkap Matchday Keempat Grup E - H Liga Champions Dini Hari Tadi

Kedua tim kemudian mendapat kesempatan kedua kali untuk bertemu pada 1937. Namun, kali ini, pertandingan digelar di markas Meksiko.

Pada laga tersebut, Meksiko berhasil mengalahkan AS dengan skor 7-2. Sejak itulah Meksiko mampu mempertahankan rekor kemenangan mereka atas AS di kandang sendiri. Setidaknya, kemenangan itu dipertahankan hingga 19 pertandingan berikutnya.

Namun, AS akhirnya berhasil mengakhiri catatan apik Meksiko pada 1997. Tepatnya, saat bertemu di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018, 2 November.

Baca: Egy Maulana Vikri Dicadangkan Melawan Timor Leste

Laga tersebut digelar di Stadion Azteca, Meksiko. Di hadapan mayoritas pendukung Meksiko, AS mampu tampil percaya diri. Mereka berhasil memberikan perlawanan kepada Meksiko dan mengakhiri laga dengan skor 0-0.

Kemudian, AS baru bisa meraih kemenangan di markas Meksiko pada 2012 dalam tajuk laga persahabatan. Ketika itu, mereka menang dengan skor 1-0. (TDIFH)


Video: Tim Renang Indonesia Batal Berlatih di Australia

  (PAT )