Pemuda Dinilai Sudah Memahami Empat Pilar MPR

Gervin Nathaniel Purba | 02 November 2017 10:13
Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono sosialisasi Empat Pilar di Bogor. Foto: Humas MPR
Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono sosialisasi Empat Pilar di Bogor. Foto: Humas MPR
Metrotvnews.com, Bogor: Generasi muda saat ini dinilai telah memahami sangat baik Empat Pilar MPR. Namun, pemahaman saja tidak cukup, karena Empat Pilar semestinya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sekretaris Jenderal MPR Ma’ruf Cahyono mengatakan yang perlu diperhatikan pemuda bahwa Empat Pilar masing-masing memiliki kedudukan. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Materi-materi soal Empat Pilar tersebut semua sudah tertulis dalam buku-buku materi Empat Pilar.  Selesai sosialisasi ini dan nanti kita ketemu lagi, buku-buku tersebut harus sudah kumal karena sering dibaca.  Sesudah dibaca, harus lebih dari hanya mengetahui, memahami tapi harus juga dilaksanakan di lingkungan masing-masing," kata Ma’ruf dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR kepada ratusan pelajar se-Kabupaten Bogor yang mengikuti Kemah Pemuda Pelopor Kedaulatan Bangsa di Bogor, Kamis 2 November 2017.

Ma'ruf berpesan agar pemuda Indonesia betul-betul merawat dan menjaga Pancasila. Sebab Pancasila adalah elemen penting dan mampu menyatukan bangsa Indonesia yang sangat beragam.  

"Maka dari itu rawat dan jagalah Pancasila, jangan sampai rusak atau bahkan hilang dari hati bangsa Indonesia," pungkas Ma'ruf. (TRK )