4 Jurus Mendapatkan Beasiswa Pendidikan

Pelangi Karismakristi | 02 November 2017 08:21
(Foto:Shutterstock)
(Foto:Shutterstock)
Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang tidak mau kuliah gratis selama empat tahun? Hal ini yang membuat banyak pelajar mengejar beasiswa demi menempuh pendidikan gratis di universitas favorit.
 
Namun, mendapatkan beasiswa tak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus sadari bahwa ada banyak pesaing yang juga memperebutkan beasiswa serupa. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk lolos seleksi program beasiswa, sebagai berikut:
 
1. Atur waktu belajar
 
Jangan lelah untuk belajar hingga di saat-saat menjelang tes seleksi beasiswa. Tetapkan kapan Anda akan mulai belajar sebelum tes, pastikan juga tak berada di waktu terakhir untuk mempelajari soal-soal. Atur waktu belajar, tulis lah berapa pelajaran yang mesti dipelajari, kemudian bisa mulai berlatih.
 
2. Atur ruangan belajar
 
Pastikan Anda punya ruangan yang cukup untuk menempatkan buku beserta catatan-catatan. Pastikan pula pencahayaan dan tempat duduk nyaman bila Anda harus belajar dengan menghadap komputer. Coba singkirkan barang yang tak perlu, jangan sampai hal itu mengganggu ruang belajar Anda. Buatlah tempat belajar senyaman mungkin.
 
3. Buat diagram pembelajaran
 
Anda mungkin bisa mencoba hal ini. Buatlah semacam gambar diagram dan tulislah materi pelajaran apa saja yang sudah Anda kuasai. Ini akan mempermudah Anda mengingat pelajaran yang sudah dipelajari.
 
4. Berlatih soal ujian terdahulu
 
Salah satu cara efektif mempersiapkan diri tes beasiswa adalah berlatih soal tes yang lama. Ini akan membantu Anda terbiasa dengan format pertanyaan dan dari sini juga Anda bisa mengukur berapa lama akan menyelesaikan soal per soal.
 
Empat tips di atas bisa Anda lakukan untuk persiapan tes online program beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) with Avitex 2017 pada 5 November 2017.
 
Di tahun ketiga OSC with Avitex akan memberikan 240 beasiswa dari 12 universitas swasta terkemuka di Indonesia. Tentu saja akan lebih banyak peluang bagi Anda untuk mendapatkan beasiswa.
 
Bagi yang lolos seleksi online maupun offline akan berkesempatan mendapat beasiswa bebas uang pangkal (biaya masuk) 100%, beasiswa S1 hingga lulus, untuk 8 semester berturut-turut dan sertifikat pemenang OSC 2017. (ROS )