Pembuatan Meme Novanto Diduga Terencana

| 02 November 2017 05:48
Fredrich Yunadi-----MI/Arya Manggala
Fredrich Yunadi-----MI/Arya Manggala
Metrotvnews.com, Jakarta: Kuasa hukum Ketua DPR Setya Novanto, Fredrich Yunadi menduga pembuatan gambar meme kliennya sudah terencana. Ia mencurigai ada aktor intelektual di balik maraknya gambar meme Novanto yang beredar di media sosial.
 
"Kami mencurigai ada pihak-pihak tertentu yang menyuruh atau mendanai," kata Fredrich seperti dilansir dari Antara, di Kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu 1 November 2017.

Fredrich menghitung setidaknya ada 60 gambar meme dengan wajah Novanto yang menjadi bahan olokan.
Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak membenci dan menyebarkan fitnah kepada kliennya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar menganut praduga tak bersalah sehingga dalam hal ini tidak membenci dan memusuhi suatu golongan apalagi klien kami Pak Setya Novanto adalah seorang Ketua DPR dan masih aktif meskipun kena masalah hukum. Kan tidak berarti dia salah. Posisi Pak Setya sebagai Ketua DPR itu selevel dengan presiden, sehingga kami harapkan tidak terjadi penghakiman yang tidak benar," katanya.

Baca: Politikus PSI Jadi Tersangka karena Meme Novanto

Terlebih, ia menilai gambar meme yang berisi olokan itu dapat menggiring opini masyarakat. "Orang yang tidak tahu apa-apa akan ikut membenci," katanya.

Polisi telah menangkap pelaku pencemaran nama baik dan penghinaan terhadap Novanto melalui medsos Instagram yakni Dyann Kemala Arrizzqi, 29. Tersangka memiliki akun Instagram @dazzlingdyann. Melalui akunnya, pada 7 Oktober 2017, tersangka mengutip postingan akun medsos lain yang berisi penghinaan terhadap Novanto dan mempostingnya kembali di akun tersangka.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan pelanggaran Pasal 45 Ayat 3 Jo Pasal 27 Ayat 3 UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 310, Pasal 311 KUHP.

  (AZF )