Rupiah Melemah 19 Poin

Arif Wicaksono | 01 November 2017 16:09
Rupiah. MI/Susanto.
Rupiah. MI/Susanto.
Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah melemah pada penutupan perdagangan hari ini. Rupiah tak menguat meskipun mata uang Paman Sam sedang melemah.

Bloomberg, Rabu 1 November 2017, merekam mata uang rupiah melemah 19 poin atau 0,14 persen dengan berada pada Rp13.582 per USD. 

Yahoo Finance mencatat mata uang rupiah melemah 18 poin atau 0,13 persen dengan berada pada Rp13.578 per USD.  Sementara Bank Indonesia (BI) melansir mata uang rupiah melemah 20 poin dengan berada pada Rp13.592 per USD. 

A‎nalis Senior PT Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada‎ berharap investor diminta mewaspadai berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah.

"Nilai tukar rupiah diproyeksikan akan bergerak di kisaran support Rp13.575 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.540 per USD," tutur Reza.

‎Reza menuturkan, skenario akan kenaikan rupiah mampu dijalankan dengan baik. Pada akhirnya mata uang Garuda mampu kembali melanjutkan pergerakan positifnya.

Pergerakan mata uang negeri Paman Sam yang masih kembali melemah, tutur Reza, dapat dimanfaatkan rupiah untuk kembali melanjutkan penguatannya. Kembali adanya kisruh politik di pemerintahan Presiden Trump membuat pergerakan USD kembali melemah.

Dari sisi lain, lanjut dia, tetapnya kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) yang membuat yen Jepang tidak banyak bergerak. Hal yang kurang lebih sama terjadi pada euro dan yen Tiongkok yang terlihat mampu melampaui laju USD. 

"Hal itu mampu memberi efek positif bagi rupiah," pungkas Reza.
(SAW )