Terancam tak Bisa Tampil di Asia, PSM Tetap Fokus Kejar Juara Liga 1

Andi Aan Pranata | 01 November 2017 15:59
Suasana saat Launching skuat PSM Makassar (Foto: MTVN/Amdoi Aan Pranata)
Suasana saat Launching skuat PSM Makassar (Foto: MTVN/Amdoi Aan Pranata)
Metrotvnews.com, Makassar: Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menolak banding tiga klub peserta Liga 1 tentang verifikasi syarat lisensi klub standar AFC. Masing-masing dari PSM Makassar, Bhayangkara FC, dan Persipura Jayapura.

Sebelumnya tiga klub mengajukan banding karena pada tenggat pertama gagal memenuhi verifikasi. Standar yang ditetapkan antara lain meliputi legalits, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia, administrasi, dan pembinaan usia dini.

Direktur Utama PSM Makassar Munafri Arifuddin mengatakan pihaknya telah menerima pemberitahuan dari PSSI tentang penolakan banding. Dalam surat tersebut dijelaskan sejumlah persyaratan yang gagal dipenuhi klub.
 

Baca: Banding Ditolak, Bhayangkara, PSM dan Persipura Tidak Bisa Tampil di Kompetisi Asia


“Kami akui ada beberapa syarat terkait pembinaan pemain muda belum dapat dipenuhi,” kata Munafri di Makassar, Rabu 1 November 2017.

Meski demikian, Munafri enggan patah arang. Menurutnya, PSM masih akan berjuang untuk mendapatkan lisensi AFC. Apalagi jika klub berjuluk Juku Eja menjadi juara Liga 1 musim ini. Karena itu pihaknya segera membenahi apa saja yang kurang di klub.

“Kami sudah menyampaikan hal ini secara langsung kepada wakil ketua dan sekjen PSSI. Mereka akan menjadi fasilitator terhadap kemungkinan kita untuk ikut AFC,” ujarnya.
 

Baca juga: Keterangan Direktur Persija Soal "Laga Ungsian" Kontra Persib


Munafri berharap persoalan verifikasi tidak mengganggu konsentrasi tim di sisa musim. Menyisakan dua pertandingan, PSM berpeluang juara. Saat ini mereka berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 62 poin. Namun posisinya masih cukup riskan mengingat Bhayangkara FC dan Bali United yang ada di posisi dua dan tiga juga mengoleksi jumlah poin yang sama dengan PSM.

Apalagi, di dua pertandingan terakhir nanti, PSM bakal menghadapi lawan yang tidak bisa dianggap enteng. PSM dijadwalkan menjamu Bali United dan Madura United.

“Karena itu kita fokus dulu ke dua pertandingan sisa untuk meraih juara,” Munafri melanjutkan.

Video: ?Tiket Persija vs Persib Hanya untuk The Jakmania
  (ACF )