Dampak Buruk Kesepian Terhadap Kesehatan Fisik dan Mental

Sri Yanti Nainggolan | 01 November 2017 11:51
(Foto ilustrasi: The Health Site)
(Foto ilustrasi: The Health Site)
Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalin hubungan sosial menjadi nutrisi bagi kesehatan mental setiap manusia. Jika kebutuhan tersebut tak terpenuhi, maka Anda akan merasa kesepian.

Hubungan sosial penting untuk pemenuhan emosional, penyesuaian perilaku, dan fungsi kognitif. Bila seseorang tak mendapatkannya dan mengalami kesepian kronik, dampaknya akan berpengaruh pada fisik.

Berikut adalah beberapa efek kelanjutan dari kesepian kronik bagi untuk fisik dan psikis.

1. Depresi

Salah satu efek dari kesepian adalah depresi. Beberapa studi menunjukkan bahwa isolasi sosial, terutama pada kaum muda, dapat memicu depresi. Meskipun prevalensi depresi dapat berbeda pada tingkat kelompok umur, hubungan antara kesepian dan depresi cenderung stabil. Selain sebabkan depresi, kesepian juga menyebabkan penurunan kepercayaan diri dan meningkatkan stres.

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat memicu kesepian kronis. Mereka yang kurang tidur cenderung mengalami masalah bagian tubuh seperti perbaikan jaringan, perkembangan otot, sintesis protein, dan melepaskan pertumbuhan hormon.

3. Demensia

Mereka yang lansia mengaku sedih dan mengalami tekanan emosional ketika anak mereka semakin dewasa dan meninggalkan rumah. Dengan demikian, kesepian kronik adalah masalah umum bagi lansia. Risiko demensia dan Alzheimer meningkat dua kali lipat pada lansia yang mengalami masalah mental tersebut.

4. Gangguan kardiovaskular

Risiko gangguan jantung semakin meningkat ketika seseorang merasa terisolasi secara sosial. Kesepian berhubungan dengan peningkatan tekanana darah sistolik, kadar kolesterol, dan obesitas.

5. Risiko kematian

Beberapa dampak kesepian memberi kesimpulan bahwa gangguan emosi tersebut dapat memicu kematian. Menurut beberapa penelitian, kesepian memberi efek yang setara dengan merokok dan konsumsi alkohol.

6. Psikosis

Kesepian jelas berdampak pada kesehatan mental seseorang. Beberapa studi menyebutkan bahwa kesepian kronis dapat menyebabkan psikosis dimana penderita kehilangan koneksi dengan realitas.

(DEV )