7 Cara Menghilangkan Kulit Bergelambir Usai Menurunkan Berat Badan

Anindya Legia Putri | 01 November 2017 11:41
(Foto: Muscleforlife)
(Foto: Muscleforlife)
Metrotvnews.com, Jakarta: Berhasil menurunkan berat badan bagi sebagian orang menjadi pencapaian penting. Namun, usaha belum selesai. Tak sedikit mereka harus menghadapi kulit yang kendur sebagai akibat dari menurunnya berat badan.

Tak perlu berkecil hati. Dengan latihan dan perawatan yang benar, Anda bukan hanya bisa menghilangkan lemak di tubuh, tetapi juga kulit bergelambir.

1. Tingkatkan asupan air

Minum banyak air tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga membantu kulit menjadi lebih kencang, halus, dan terlihat bercahaya. Pastikan minum minimal 6 gelas air putih per hari. Jika bisa minum lebih, itu lebih baik lagi. Hidrasi sangat bagus untuk elastisitas kulit.

2. Olahraga angkat beban

Menurut Cedric Bryant, kepala sains untuk American Council on Exercise, latihan kekuatan membantu memperkuat otot dengan cara menciptakan lapisan otot di bawah kulit. Kulit pun menjadi lebih kencang. Dianjurkan untuk melakukan latihan kekuatan tiga kali per minggu agar hasilnya terlihat. Latihan beban sangat penting untuk Anda yang berhasil menurunkan berat badan secara signifikan.

3. Melembabkan kulit

Gunakan pelembab yang mengandung vitamin E untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang  memiliki khasiat anti bakteri serta membuat kulit menjadi elastis.

4. Olahraga perut

Perut adalah area yang paling banyak bergelambir ketika beratbadan Anda berhasil turun. Sebaiknya Anda fokus pada latihan seperti sit up, air bike, leg raises, side bridges, dan pelvic thrusts. Cukup 15-20 menit sehari, asalkan rutin, Anda bisa menikmati hasilnya.

5. Pijat

Pijat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit menjadi kencang.

6. Batasi paparan sinar matahari

Terlalu banyak terpapar sinar matahari memiliki efek negatif pada elastisitas kulit. Selain itu, batasi waktu Anda berenang di air yang diklorinasi, karena klorin bisa merusak sel kulit. Menghabiskan waktu singkat untuk berjemur dan berenang adalah hal yang baik, tetapi pastikan kulit telah diolesi losion yang mengandung lidah buaya.

7. Scrub garam laut

Garam laut membantu melancarkan aliran darah sehingga kulit menjadi kencang dari waktu ke waktu. Gunakan garam laut setiap hari saat mandi, dan lihat bagaimana kulit Anda terasa berbeda setelah beberapa minggu.

Meski Anda sudah melakukan berbagai upaya di atas, Anda harus memahami bahwa elastisitas kulit berbeda pada tiap-tiap usia, biasanya bergantung usia. Bagi ibu muda yang baru melahirkan, misalnya, mungkin hanya butuh sedikit usaha untuk mengencangkan kulit. Namun untuk usia 50 tahun, dan kehilangan berat  20 kilogram dalam waktu singkat, perlu waktu sedikit lebih lama agar kulit kembali kencang.


(DEV )