1906: Tim Amatir Inggris Bantai Timnas Prancis 15-0

Patrick Pinaria | 01 November 2017 08:44
Fot: Ist
Fot: Ist
Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 1 November 1906 menjadi momen hebat bagi timnas Inggris yang diperkuat para pemain amatir. Hebatnya, mereka berhasil membantai timnas Prancis dengan skor 15-0.

Hasil ini juga terasa istimewa bagi tim amatir Inggris. Sebab, mereka berhasil meraih kemenangan tersebut pada laga perdana mereka di kancah internasional.

Inggris sebetulnya memiliki timnas yang dibentuk untuk para pemain profesional. Namun, seleksi dan persaingan ketat untuk masuk ke tim profesional membuat para pemain amatir akhirnya membentuk timnas sendiri.

Baca: Hasil Lengkap Matchday Keempat Grup A - D Liga Champions Dini Hari Tadi

Namun, siapa sangka, tim Inggris yang berisikan pemain amatir itu bisa mampu menunjukkan penampilan impresif. Hal itu diperlihatkan mereka saat berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 15-0 pada laga perdana mereka.

Stanley Harris yang merupakan kapten tim Inggris menjadi pencetak gol terbanyak pada laga tersebut. Tak tanggung-tanggung, ia sukses menyumbang sembilan gol. Sisanya, gol-gol Inggris diciptakan Vivian Woodward (4 gol), J.E. Raine, dan P.H. Farnfield.

Baca: Juventus Nyaris Kalah di Lisbon

Usai itu, tim amatir Inggris terus melanjutkan tren positif mereka saat menghadapi tim-tim besar. Di antaranya adalah Belanda (12-2), Swedia (12-1), dan Belgia (11-2). Mereka juga berhasil memenangkan medali emas pada Olimpiade 1908.

Kemudian, tim amatir Inggris dibubarkan pada 1974. Pada tahun itu, FA memberhentikan tim tersebut setelah memutuskan tidak membedakan pemain profesional dan amatir. (TDIFH)


Video: Bantai Brunei, Pengamat Menilai Timnas U-19 Tampil Kurang Maksimal

  (PAT )