Rumah Sakit Diperintah Perbaiki SOP

Indriyani Astuti | 14 September 2017 17:00
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres. Foto: Googlemaps
Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres. Foto: Googlemaps
Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kesehatan meminta rumah sakit memperbaiki standar operasional prosedur (SOP) pelayanan yang diberikan. Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) di daerah harus meningkatkan pengawasan dan memberikan sanksi tegas kepada rumah sakit yang melanggar aturan.
 
"Ini proses pembelajaran bahwa aturan seharusnya dijalankan," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno, Kamis 14 September 2017 .

Baca: Polisi Pastikan Penyelidikan Kematian Bayi Debora Berlanjut

Menurutnya bukan regulasi yang harus diperbaiki. Melainkan, rumah sakit yang harus memperbaiki diri atas peristiwa meninggalnya bayi Debora. "BPRS Pusat ikut mengklarifikasi karena sudah beredar secara viral," ujarnya.

Baca: Bayi Deborah Meninggal dalam Dingin

Menteri Kesehatan Nila Moeloek ada tiga hal yang harus diperhatikan rumah sakit: pelayanan yang diberikan, administrasi dan komunikasi. "Itu sudah benar atau tidak," kata Nila.

Baca: Sanksi untuk RS Mitra Keluarga Kalideres Bakal Lebih Berat

Kemenkes sudah memanggil pihak Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Asosiasi Rumah Sakit Swasta, Persatuan Rumah Sakit Indonesia, Badan Pengawas Rumah Sakit dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.
 
Berdasarkan hasil investigasi, Nila merekomendasikan Dinas Kesehatan DKI Jakarta memberikan sanksi administrasi sesuai dengan kewenangan berupa teguran tertulis. Sanksi lain akan diberikan setelah audit medik oleh profesi selesai. Dalam waktu 2x24 jam Menkes memerintahkan tim investigasi untuk penyerahan hasil laporan.

(FZN )