Bandara Silangit akan Buka Penerbangan Langsung ke Tiongkok

Annisa ayu artanti | 14 September 2017 16:56
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Metrotvnews.com, Jakarta: Bandar Udara Silangit direncanakan dapat mengoperasikan penerbangan langsung dari Tiongkok, setelah Malaysia dan Singapura.

"Tahap pertama itu dulu (Malaysia dan Singapura). Setelah itu baru Tiongkok," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Budi mengungkapkan potensi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya Danau Toba, sangat besar. Sehingga pemerintah mendorong agar keberadaan Bandara Silangit beserta infrastruktur pendukung dapat mendorong potensi tersebut.

"Besar, besar itu (potensinya)," ungkap dia.

Budi juga mengaku, dalam meningkatkan jumlah wisatawan, dirinya sudah meminta kepada Kementerian Pariwisata untuk menambah penerbangan langsung dari luar negeri.

"Mengenai teknis di lapangan memang saya minta pada Kementerian Pariwisata untuk men-drive minimal penerbangan carter dari luar untuk diperbanyak. Sehingga itu bisa mendorong fungsi-fungsi yang lain," jelas dia.

Baca: Bandara Silangit Jadi Tujuan Penerbangan Baru menuju Danau Toba

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II sebelumnya menyebutkan, pada semester I-2017 peningkatan volume penumpang domestik di Bandara Silangit mencapai 300 persen.

Dalam satu bulan, Bandara Silangit dapat melayani penumpang domestik sekitar 20 ribu sampai 25 ribu atau sekitar 275 ribu sampai 270 ribu per tahun. Dengan penambahan infrastruktur penerbangan internasional, diyakininya Bandara Silangit dapat melayani penumpang hingga 300 ribu orang per tahun.

"Dengan adanya tambahan penerbangan internasional mudah-mudahan bisa tembus 300 ribu trafik penumpang. Kapasitas bandara 500 ribu trafik penumpang per tahun. Jadi masih bisa mengatasi pergerakan penumpang yang diperkirakan 300 ribu penumpang," jelas Awaluddin.

Bandara Silangit direncanakan menjadi bandara internasional. Sejauh ini dua negara yang bisa melakukan penerbangan langsung ke bandara tersebut adalah Malaysia dan Singapura. Melalui penerbangan internasional ini pemerintah optimistis dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia, khususnya ke Danau Toba, Tapanuli Utara, Sumatera. (AHL )