Kontribusi Pajak Pekerja Seni Masih Sangat Rendah

Suci Sedya Utami | 14 September 2017 11:01
Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi (kiri) memberi sambutan saat bertemu pekerja seni. (FOTO: MI/Moh IRFAN)
Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi (kiri) memberi sambutan saat bertemu pekerja seni. (FOTO: MI/Moh IRFAN)
Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat kontribusi pajak para pekerja seni dalam total penerimaan pajak masih sangat minim.

Data penerimaan pajak 2016 yang disebutkan oleh Dirjen Pajak Ken Dwijiasteadi, kontribusinya hanya Rp383,53 miliar dibandingkan dengan penerimaan sepanjang tahun dalam satuan triliun.

"Sedikit, Rp383,53 miliar untuk semua pekerja seni," kata Ken di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu malam 13 September 2017.

Sementara itu, Ken mengatakan tingkat kepatuhan wajib pajak di bidang pekerja seni juga masih rendah. Dari data yang ada menunjukkan, yang tidak patuh menyampaikan SPT pajak jah lebih banyak dibandingkan yang melaporkan SPT.

"Tingkat kepatuhannya 2016 yang tidak lapor SPT 5.315, yang lapor 919," tandas Ken.

Sebelumnya, pada Rabu malam 13 September  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggundang beberapa profesi pekerja seni seperti penulis dan musisi untuk berdialog terkait pengenaan pajak bagi profesi pekerja seni.

Dari informasi yang didapat Metrotvnews.com, para undangan yang datang sekitar 600 orang. Adapun yang terlihat hadir di antaranya penulis senior Dewi Lestari, musisi Glenn Fredly, Giring Nidji dan sebagainya. Turut hadir juga Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Ani sapaan akrabnya mengatakan pertemuan kali ini, dirinya ingin mendengar masukan-masukan yang ingin disampaikan oleh para pekerja seni yang beberapa waktu lalu mengeluhkan terkait beban pajak bagi profesi ini.

  (AHL )