Minyak Mentah Brent Naik ke USD55/Barel

Ade Hapsari Lestarini | 14 September 2017 08:08
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Metrotvnews.com, New York: Harga minyak mentah dunia menguat pada perdagangan Rabu waktu setempat. Penguatan ini karena International Energy Agency (IEA) melaporkan surplus pasokan minyak mentah mulai menurun.

Laporan tersebut mengatakan permintaan minyak global tumbuh sangat kuat dari tahun ke tahun di kuartal kedua 2017, sebesar 2,4 persen. Pertumbuhan permintaan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) terus menguat lebih dari yang diperkirakan, terutama di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Melansir Xinhua, Kamis 14 September 2017, harga patokan minyak West Texas Intermediate pada pengiriman Oktober naik USD1,07 menjadi USD49,30 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, harga patokan minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November naik USD0,89 menjadi USD55,16 per barel di London ICE Futures Exchange.

Pasokan minyak global jatuh pada Agustus karena pemadaman yang tidak direncanakan dan pemeliharaan terjadwal, terutama di negara-negara non-OPEC, yang merupakan penurunan pertama dalam empat bulan.

Namun, data AS menunjukkan peningkatan besar dalam persediaan minyak mentah karena dampak badai yang terus berlanjut.

Persediaan minyak mentah naik lebih rendah dari perkiraan 5,9 juta barel pada 8 September menjadi 468,2 juta, 2,5 persen di bawah tingkat mereka setahun yang lalu, kata Administrasi Informasi Energi (EIA) dalam laporan mingguannya. (AHL )