Bosch Rilis Kamera 360 Derajat Khusus Dump Trucks

M. Bagus Rachmanto | 14 September 2017 08:55
Bosch Surround view EasyFit fitur safety khusus alat berat. MTVN/M. Bagus Rachmanto
Bosch Surround view EasyFit fitur safety khusus alat berat. MTVN/M. Bagus Rachmanto
Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring prospek sektor pertambangan yang terus membaik, menjadikan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan produk yang berfokus pada sektor pertambangan, off higway dan alat berat.

Bosch melihat 'kue' yang diperebutkan di sektor tersebut masih sangat besar dan menjanjikan. Makanya perusahaan pemasok komponen otomotif itu merilis teknologi baru, yaitu Surround view EasyFit, di ajang Indonesia Mining Expo 2017. Pameran yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat itu berlangsung mulai 13 hingga 16 September mendatang.

Country Sales Director Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Paulo Duarte mengungkapkan, fitur safety yang digunakan di pertambangan ini merupakan teknologi sistem kamera 360 derajat, salah satunya dipakai untuk kendaraan off highway. Fungsinya fitur ini disebut untuk meminimalkan kecelakaan fatal.

Paulo mencontohkan, salah satu kendaraan yang memakai teknologi ini yakni dump trucks. "Untuk meminimalkan kecelakaan fatal, kamera ini telah dilengkapi dengan helikopter view, serta mode perpindahan kamera agar sopir mengetahui kondisi sekeliling," papar Paulo, di JIExpo, Rabu (13/9/2017).

Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, Griselda Iwandi menambahkan, sistem kamera EasyFit juga memiliki 10 mode penglihatan Landscape dan 7 mode penglihatan Portrait, dengan jangkauan kamera sejauh 10-15 meter.

"Produk ini baru pertamakali diluncurkan secara global. Di Indonesia dikenalkan di Indonesia Mining Expo 2017. Sistem ini kami tawarkan satu paket, yang terdiri dari 4 unit kamera, ecu/motherboard dan konektor kabel, dengan harga Rp34 juta," tutup Griselda. (UDA )