XL Ingin Tingkatkan Kewaspadaan Perusahaan akan Serangan Siber

Ellavie Ichlasa Amalia | 12 September 2017 17:05
XL adakan RCF untuk tingkatkan kesadaran akan keamanan.
XL adakan RCF untuk tingkatkan kesadaran akan keamanan.
Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring dengan semakin pesatnya teknologi, ancaman yang muncul pun semakin berbahaya. Untuk membangun kewaspadaan akan potensi ancaman kejahatan siber, XL Axiata mengadakan forum diskusi tentang pengelolaan risiko bisnis yaitu Risk & Control Forum (RCF).

"Dengan mendiskusikan dan berbagi pengetahuan mengenai pengelolaan risiko bisnis (risk and control), kami berharap para pelaku industri ini dapat saling berbagi pengalaman, dan pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kompetensi mengenai hal-hal tersebut,” kata Dian Siswarini, CEO XL Axiata. 

Dengan gencarnya transformasi digital, sekarang ini, hampir semua perusahaan sudah menggunakan sistem teknologi informasi untuk mendukung aktivitas bisnisnya. Sistem yang digunakan perusahaan harus diamankan, terutama karena perusahaan Indonesia merupakan sasaran serangan siber. Belum lama ini, Indonesia bahkan disebutkan sebagai salah satu negara yang paling terekspos ancaman siber

Tidak hanya pelaku industri telekomunikasi, forum yang diadakan XL ini juga akan dihadiri oleh penyedia teknologi jaringan, pelaku industri teknologi finansial atau fintech dan komunitas auditor internal dan manajemen risiko. Dalam forum ini, ada beberapa tema yang diangkat, seperti keamanan siber, tata kelola perusahaan di era digital, juga tentang perkembangan finansial digital. 

Dian menganggap, RCF cukup penting bagi pelaku fintech karena mereka harus waspada akan risiko yang muncul, terutama karena salah satu hal yang masyarakat paling perhitungkan sebelum menggunakan layanan fintech adalah keamanan. 

XL mengadakan RCF pada 2015. Tahun ini, XL berharap bahwa peserta akan mencapai kesepakatan dan komitmen untuk terus menjalin komunikasi antara praktisi audit dan manajemen risiko.  (MMI )