Volkswagen Siap Luncurkan 80 Mobil Listrik di 2025

Ekawan Raharja | 12 September 2017 19:58
Volkswagen siap jor-joran memproduksi mobil listrik. Carscoops
Volkswagen siap jor-joran memproduksi mobil listrik. Carscoops
Metrotvnews.com: Skandal dieselgate yang dialami Volkswagen beberapa waktu lalu membuat mereka kini serius mengembangkan mobil ramah lingkungan. Bahkan grup pabrikan besar otomotif dunia ini, memasang target yang cukup tinggi untuk pengembangan mobil listrik.

Chairman Volkswagen, Matthias Muller, berucap akan menghadirkan lebih dari 80 mobil listrik di 2025. Rencana gila ini sebut sebagai Roadmap E. Kemungkinan target ini akan dicapai tidak hanya merek Volkswagen, tetapi juga merek-merek mobil yang ada di bawah kendali Volkswagen Group. Di antaranya Audi, Bentley, Porsche, dan beberapa merek lainnya.

Sayangnya Muller tidak merinci bagaimana sistem peluncuran mobil tersebut. Hanya saja mereka menjanjikan 50 mobil listrik berteknologi baterai dan 30 mobil listrik berteknologi hybrid.

Jika Roadmap E sukses, maka Volkswagen bisa menjual tiga juta mobil listrik per tahun. Tentu keuntungan besar siap untuk menanti grup pabrikan asal Jerman tersebut.

Proyek besar ini tentu tidak murah. Volkswagen harus menggelontorkan dana hingga USD23,9 miliar. Dana ini termasuk menciptakan dua sasis baru untuk mobil listrik, perbaikan pabrik, dan pembangunan infrastuktur pengisian daya listrik.

Visi mobil listrik sebagai kendaraan masa depan tentu tidak cuma milik Volkswagen saja. Sebut saja Mercedes-Benz, BMW, atau Porsche terus mengembangkan mobil listrik.

Negara-negara yang tergabung di Uni Eropa memiliki rencana untuk menekan angka emisi gas buang. Bahkan Jerman memiliki rencana agar negara mereka bebas dari polusi. (UDA )