Ini Pembalap yang akan Menggantikan Valentino Rossi

Achmad Firdaus | 11 September 2017 18:28
Michael van der Mark saat bersiap tampil di ajang Superbike (Foto: http://michaelvandermark.com)
Michael van der Mark saat bersiap tampil di ajang Superbike (Foto: http://michaelvandermark.com)
Metrotvnews.com, Rimini: Tim Movistar Yamaha akhirnya mengumumkan pembalap yang akan menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Aragon, 24 September mendatang. Pembalap tersebut adalah Michael van der Mark.

Rossi diketahui belum bisa tampil di MotoGP Aragon karena harus menjalani pemulihan cedera patah kaki yang dialaminya saat berlatih dengan Motorcross, 31 Agustus lalu. Sebelumnya, Rossi juga harus absen pada seri kandangnya (MotoGP  San Marino) di Sirkuit Misano, Minggu 10 September 2017.

Pada balapan di Misano, Yamaha memang tidak menunjuk pembalap pengganti untuk menemani Maverick Vinales. Namun, tim asal Jepang ini wajib menunjuk pembalap pengganti pada seri berikutnya, di MotoGP Aragon, Spanyol, karena regulasinya mewajibkan setiap tim menurunkan dua pembalap.
 

Baca: Yamaha Umumkan Empat Kandidat Pengganti Rossi di Aragon


Yamaha langsung bergerak cepat menyeleksi empat pembalap yang disiapkan untuk menjadi pengganti Rossi. Mereka di antaranya, Alex Lowes dan Michael van der Mark yang saat ini membela Yamaha di ajang Superbike. Serta Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane yang merupakan pembalap penguji Yamaha.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, Yamaha akhirnya sepakat menunjuk Van der Mark untuk turun mendampingi Vinales di Aragon.

"Setelah sebelumnya menunjuk Katsuyuki Nakasuga untuk menggantikan Jorge Lorenzo (di 2011) dan Alex Lowes untuk mengisi posisi Bradley Smith (2016), kami memutuskan bahwa Michael van der Mark juga pantas mendapatkan kesempatan (tampil di MotoGP)," ujar Direktur tim Yamaha, Lin Jarvis.

Bagi Van der Mark, ini tentu menjadi kabar bagus. Sebab, pembalap 24 tahun asal Belanda ini belum pernah mencicipi atmosfer MotoGP. Selama ini, Van der Mark hanya berlaga di ajang Supersport dan Superbike.
 

Baca juga: Kronologis Cedera Patah Kaki Valentino Rossi


"Tentu, bukan pekerjaan mudah untuk menggantikan pembalap lain, apalagi yang digantikan adalah Valentino Rossi. Tapi, kami yakin Michael memiliki kualitas dan pengalaman yang cukup untuk bisa meraih hasil bagus," imbuh Jarvis.

"Kami akan mendukung penuh Michael dan mendoakan yang terbaik buatnya di kesempatan ini. Kami juga berharap Valentino bisa cepat pulih sehingga bisa secepatnya kembali menunggangi YZR-M1," tandasnya.

Menurut penuturan dokter, Rossi harus beristirahat dan menjalani pemulihan selama kurang lebih 40 hari. Juara dunia sembilan kali yang kini berusia 38 tahun itu diprediksi baru bisa kembali balapan pada seri MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, 15 Oktober 2017.

Video: ?Yamaha Cari Pengganti Rossi
  (ACF )