Kemenpora Gandeng Maskapai Penerbangan Indonesia Berangkatkan Atlet ASEAN Para Games

Pythag Kurniati | 11 September 2017 16:40
General Manajer Garuda Indonesia cabang Solo, Aryo Wijoseno (Foto: MTVN/Pythag Kurniati)
General Manajer Garuda Indonesia cabang Solo, Aryo Wijoseno (Foto: MTVN/Pythag Kurniati)
Metrotvnews.com, Solo: Sejumlah atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia akan bertanding dalam ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ajang tersebut bakal berlangsung pada 17 September hingga 23 September 2017.

Kemenpora menggandeng Maskapai Garuda Indonesia dalam pemberangkatan 250 atlet dan official NPC. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh General Manajer Garuda Indonesia Branch Office Solo Aryo Wijoseno dan Asisten Deputi Olahraga Prestasi Kemenpora Chandra Bakti di Gedung NPC di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Tahun ini merupakan tahun ketiga kami bekerja sama dengan Kemenpora," ungkap General Manajer Garuda Indonesia Branch Office Solo, Aryo Wijoseno, Senin, 11 September 2017.
 

Baca: Gowes Bareng Kemenpora Dapat Rekor Muri


Kerja sama, lanjutnya, dimulai pada tahun 2014 ketika Asian Para Games di Incheon, Korea Selatan. Pada saat itu seluruh atlet dan official Para Games masih menggunakan regular flight menuju Incheon.

"Mulai tahun 2015 lalu pada ASEAN Para Games di Singapura, seluruh atlet dan official mulai menggunakan penerbangan charter," paparnya.

Dari segi penjadwalan dan bagasi, sistem penerbangan charter lebih efektif bagi atlet dan official ASEAN Para Games. "Tidak dikenai biaya tambahan untuk bagasi dan jadwal pun bisa menyesuaikan pencarter," katanya.

Tahun ini, penerbangan charter untuk atlet dan official ASEAN Para Games dari Indonesia akan diberangkatkan pada 13 September 2017 sekitar pukul 12.00 WIB.

"Menggunakan pesawat jenis Airbus A330-220 dengan konfigurasi seat 36 kelas bisnis dan 215 kelas ekonomi," kata dia.
 

Baca juga: Coaching Clinic dan Promosi Pencak Silat di Azerbaijan


Sementara Asisten Deputi Olahraga Prestasi Kemenpora Chandra Bhakti menjelaskan, kerja sama ini sangat membantu para atlet lantaran perjalanan menjadi semakin efektif.

"Tahun ini ada 250 orang atlet dan official ASEAN Para Games yang bakal diberangkatkan oleh Kemenpora," kata dia.

Pelepasan kontingen dijadwalkan pada 12 September 2017 di Karanganyar, Jawa Tengah. "Rencananya dihadiri Menpora," pungkasnya.

Video: ?Percasi Gelar Laga Persahabatan Juara Junior Catur Indonesia vs Filipina
  (ACF )