Mew Terkesan dengan Musik Gamelan

Agustinus Shindu Alpito | 11 September 2017 16:27
(Foto: Agustinus Shindu Alpito)
(Foto: Agustinus Shindu Alpito)
Metrotvnews.com, Denpasar: Keunikan musik tradisional Indonesia mengesankan bagi grup musik asal Denmark, Mew. Hal itu diungkapkan langsung oleh vokalis Mew, Jonas Bjerre, saat ditemui di kawasan Jimbaran, Bali.

Kedatangan Mew ke Bali untuk tampil di festival musik Soundrenaline 2017. Mereka tampil pada hari pertama, Sabtu malam (9/9/2017). Jonas yang sebelumnya sudah pernah datang ke Bali mengatakan bahwa dirinya kagum dengan musik gamelan. Namun, awalnya Jonas mengenal gamelan justru melalui musisi Jepang.

"Sepertinya saya berkenalan dengan musik gamelan saat acara Jepang bernama Akira, untuk soundtrack mereka menggunakan banyak suara dengan bambu, gamelan, awalnya saya tidak tahu kalau itu musik Indonesia. Saya pikir itu musik Jepang."

"Musik gamelan itu bukan musik umum, harus datang ke suatu tempat untuk melihatnya, saya tidak sadar itu musik Indonesia sampai sekitar 20 tahun, saya membaca sebuah buku autobiografi dari seorang yang datang ke Indonesia. Dalam buku itu dia menjelaskan memainkan musik klasik Indonesia sangat berbeda. Gamelan memiliki ruang tersendiri di dalam pikiran ketika mendengarkannya," ujar Jonas.

Mew dikenal sebagai grup yang terbuka dengan eksperimen berbagai bebunyian. Kreativitas itu menjadi bagian tersendiri dari proses kreatif mereka dalam meramu musik.

"Kami merekam suara bel dan membuatnya lebih lembut. Kami banyak melakukan hal seperti itu (eksplorasi bunyi). Kami pernah merekam suara troli di bandara untuk salah satu lagu kami. Kami merasa itu beat yang keren dan kami memasukkannya."

Keterbukaan Mew akan berbagai suara-suara unik dan spesifik membuat mereka tidak menutup diri jika suatu saat nanti akan merekam berbagai bunyi unik dari musik tradisional Indonesia.

"(Gamelan) menginspirasi kami dan kami akan senang berkolaborasi (dengan musik gamelan), tetapi akan sulit untuk disatukan."

Wawasan Mew akan musik Indonesia perlahan bertambah. Tidak hanya soal musik tradisional, mereka juga mengetahui grup musik modern Indonesia. Dua di antaranya adalah Lightcraft dan The Trees and The Wild.

"Kami mendengar The Trees and The Wild, mereka pernah bermain dengan kita di Kuala Lumpur. Mereka luar biasa, saya memiliki salah satu album mereka, mereka keren," puji  Jonas.

Mew berdiri pada 1995. Sejauh ini mereka telah melahirkan tujuh album studio. Album ketujuh Mew, Visuals, dirilis pada April lalu.

  (DEV )