Seberapa Amankah Mazda CX-5 Terbaru Saat Tabrakan?

Ainto Harry Budiawan | 11 September 2017 17:05
Mazda CX-5 terbaru saat diuji tabrak Euro NCAP. Autoevolution
Mazda CX-5 terbaru saat diuji tabrak Euro NCAP. Autoevolution
Metrotvnews.com: Mazda CX-5 generasi terbaru mendapatkan sambutan positif dari pasar dunia. Mobil SUV ini pun sudah diluncurkan di Indonesia Agustus lalu dengan beragam fitur keamanan yang dimilikinya.

Lalu bagaimana hasil uji tabrak pada mobil tersebut? Euco NCAP memberikan hasil lima bintang untuk mobil tersebut. Hasil ini menyusul hasil dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dan Japan New Car Assessment Program yang juga memberi nilai tertinggi.

Perlindungan penumpang dewasa mendapatkan performa terbaik dengan nilai 95 persen. Penilaian tersebut diberikan karena knee airbag di bawah dashboard mampu memberikan perlindungan ekstra, Euro NCAP mengapresiasi hal ini karena mampu melindungi kaki pengemudi dan penumpang depan.

Begitu juga hasil pengujian terhadap penumpang di baris kedua, saat uji tabrak dari belakang. Sayangnya untuk perlindungan khususnya untuk penumpang anak kurang bagus. Seluruh uji tabrak dilakukan pada kecepatan 64 kilometer per jam.

Tak hanya perlindungan di dalam kabin, penilaian juga diberikan untuk fitur-fitur safety-nya, misalnya Advanced Smart City Brake Support, yang bisa mencegah terjadinya tabrak depan. 

Di Indonesia, CX-5 terbaru hadir dalam dua varian, GT dan Elite. Harga mobil ini ada diangka Rp526,8 juta dan Rp548,8 juta.  (UDA )