Korban Tewas Gempa Meksiko Capai 90 Jiwa

Sonya Michaella | 11 September 2017 08:36
Bangunan yang ambruk akibat gempa di Meksiko. (Foto: AFP)
Bangunan yang ambruk akibat gempa di Meksiko. (Foto: AFP)
Metrotvnews.com, Mexico City: Kementerian Dalam Negeri Meksiko menyatakan, korban tewas akibat gempa kini menyentuh angka 90 jiwa.

"Jumlah korban tewas mencapai 90 jiwa, di antaranya 71 jiwa di Oaxaca, 15 di Chiapas dan empat di Tabasco," sebut pernyataan resmi dari Kemendagri Meksiko, dikutip dari AFP, Senin 11 September 2017.

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto juga mengumumkan tiga hari masa berkabung nasional akibat bencana alam ini.

Setengah dari wilayah di Juchitan, Oaxaca, juga rata dengan tanah, gedung ambruk, dan jalanan dipenuhi puing rumah.

Nieto menyebutkan, pihak berwenang tengah berupaya membangun kembali pasokan air dan makanan, termasuk memberikan perhatian medis kepada mereka yang membutuhkan.

"Kekuatan gempa ini sangat menghancurkan, tetapi kami yakin dengan kekuatan persatuan, solidaritas, dan tanggung jawab, peristiwa ini bisa diatasi bersama," kata dia.

Gempa mengguncang Meksiko Kamis 7 September pukul 23:49 dan Jumat pukul 04:49 waktu setempat. Lindu itu menyebabkan bangunan-bangunan bergoyang di dekat Ibu Kota Meksiko. Warga yang mengenakan baju tidur lantas berlarian keluar dari rumah mereka dan berkumpul.

Sementara itu, pusat gempa berada 102 mil (165 kilometer) barat Tapachula di Chiapas. Itu memiliki kedalaman 43,3 mil (69,7 kilometer). Puluhan gempa susulan terjadi di wilayah tersebut beberapa jam kemudian.

  (WIL )