Gempa 8 SR, Presiden Meksiko Aktifkan Protokol Perlindungan Warga

Fajar Nugraha | 08 September 2017 13:41
Warga Meksiko bertahan di luar rumah usai gempa 8 SR melanda (Foto: AFP).
Warga Meksiko bertahan di luar rumah usai gempa 8 SR melanda (Foto: AFP).
Metrotvnews.com, Meksiko City: Gempa besar yang mengguncang Meksiko, membuat pemerintah setempat bergerak cepat.
 
(Baca: Gempa Besar Berkekuatan 8 SR Guncang Meksiko).
 
Usai gempa 8 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kamis 7 September malam waktu setempat, Presiden Enrique Pena Nieto langsung mengeluarkan pengumuman darurat.
 
"Protokol perlindungan sipil sudah diaktifkan, termasuk aktivasi Komite Darurat Nasional setelah gempa 8 SR," pernyataan Presiden Nieto, dalam akun Twitter nya, seperti dikutip CNN, Jumat 8 September 2017.
 
Sementara beberapa bagian dari wilayah ibu kota Meksiko City, saat ini tidak dapat dialiri listrik. Pihak berwenang setempat pun sudah mengerahkan patroli tambahan ke wilayah yang dilanda gempa.
 
"Pemeriksaan pertama dari atas helikopter dan kamera keamanan, menunjukkan belum ada kerusakan yang dilaporkan," jelas Wali Kota Meksiko City Miguel Angel Mancera.
 
Gempa susulan pun masih sempat mengguncang wilayah Meksiko City. Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, gempa susulan dilaporkan berkekuatan 5 SR.
 
Warga setempat juga merasakan gempa ini memiliki kekuatan yang sangat besar. "Ini adalah gempa yang sangat kuat, salah satu yang terkuat dan saya berada di sini ketika gempa 1985 yang menghancurkan Meksiko City terjadi," tutur seorang warga, Paulina Gomez Wulschner.
 
Wulschner juga mengaku mendengar suara helikopter dan ambulans usai gempa melanda. Polisi juga melakukan patroli di sekitar ibu kota.
 
USGS menyebutkan gempa mengguncang wilayah Pasifik sekitar 120 kilometer barat daya Kota Tres Picos, di Negara Bagian Chiapas. Pusat kedalaman mencapai 33 kilometer.
(FJR )