Finis ke-4 di Sprint Race, Nato Kembali Sumbang Poin untuk Pertamina Arden

Achmad Firdaus | 28 Agustus 2017 00:58
Aksi Norman Nato saat tampil di Sprint Race F2 GP Belgia (Foto: Dok. Sean Gelael)
Aksi Norman Nato saat tampil di Sprint Race F2 GP Belgia (Foto: Dok. Sean Gelael)
Metrotvnews.com, Spa Franchorchamps: Pembalap Pertamina Arden Norman Nato melanjutkan tren positifnya pada balapan sprint Formula 2 di sirkuit Spa Franchorchamps, Belgia, Minggu (27/8). Pembalap berusia 25 tahun asal Prancis ini finis di posisi keempat dan menyumbang delapan poin.

Nato sebenarnya berpeluang untuk meraih posisi podium dengan start dari posisi paling depan. Namun, upaya keras Nato untuk mempertahankan posisi terdepan masih belum berhasil. Beberapa saat balapan dimulai, Nato sudah disusul pembalap MP Motorsport, Sergio Sette Camara. Nato pun kembali terpental ke posisi ketiga, setelah disusul pembalap Racing Engineering, Nyck De Vries.

Di penghujung lomba, Nato  tergusur dari posisi ketiga. Tempatnya diambil pembalap Russian Times Luca Ghiotto. Dengan tambahan delapan poin, maka koleksi nilai Nato pada klasemen sementara pembalap menjadi 91. Nato berada di peringkat delapan.

Sebelumnya pada balapan Feature yang digelar hari Sabtu, Nato juga menyumbang empat poin. Pada balapan itu Nato finis di posisi kesepuluh. Namun, dia mendapat keberuntungan naik ke posisi kedelapan dan meraih empat poin setelah dua pembalap terdepan Charles Leclerc dan Oliver Rowland didiskualifikasi karena bagian alas mobil yang tidak sesuai dengan regulasi balap F2.
 

Baca: Norman Nato Sumbang Poin untuk Pertamina Arden di Feature Race GP Belgia


"Saya sudah berjuang maksimal, namun saya juga tidak terlalu bagus saat start. Tambahan 12 poin di Belgia cukup positif buat tim meski kami harus terus melakukan evaluasi," kata Nato.

Balapan Sprint akhirnya dimenangi Sette Camara. Bagi pembalap asal Brasil, ini merupakan kemenangan pertamanya di ajang F2. Pada balapan Feature, Camara finis di posisi keempat dengan nilai delapan. Dari balapan di Belgia, Camara total mengemas 23 poin yang merupakan poin pertamanya di musim ini. Posisi kedua ditempati De Vries, sedangkan ketiga milik Ghiotto.

Penampilan gemilang diperlihatkan pembalap Prema Racing, Leclerc. Pembalap asal Monaco ini finis di posisi kelima setelah memulai balapan dari urutan ke-19. Leclerc mengemas enam poin sekaligus mengokohkan posisinya di puncak klasemen dengan nilai 218. Sementara posisi kedua ditempati Rowland dengan nilai 159.
 

Baca juga: Spa-Francorchamps, Sirkuit yang Penuh Tantangan


Sementara itu, pembalap Indonesia Sean Gelael tidak mendapatkan balapan yang ideal di sirkuit Spa ini. Pada balapan feature, Sean banyak kehilangan waktu karena masalah sayap depan, sehingga harus dua kali masuk pit. Sean finis di urutan 15. Sementara pada balapan sprint, masalah setingan mobil masih belum teratasi. Pembalap berusia 20 tahun ini juga sempat masuk pit sehingga kehilangan waktu yang membuatnya finis di posisi ke-17.

"Setelah awal yang baik di sesi practice, strategi tim menjadi berantakan akibat hujan saat kualifikasi. Semoga saya mendapat balapan yang lebih ideal di Monza," ungkap Sean.

Balapan sprint di sirkuit Spa diwarnai drama kecelakaan hebat yang melibatkan pembalap ART Grand Prix, Nobuharu Matsushita. Mobilnya hilang kendali dan meluncur menabrak dinding pembatas sirkuit selepas melewati tikungan legendaris Eau Rouge. Meski kondisi mobilnya cukup parah, Matsushita tidak mengalami luka serius.

Video: Timnas Renang dan Bowling Indonesia Tiba di Tanah Air
  (ACF )