Norman Nato Sumbang Poin untuk Pertamina Arden di Feature Race GP Belgia

Achmad Firdaus | 27 Agustus 2017 01:02
Norman Nato saat beraksi di GP Barcelona (Foto: Dok. Sean Gelael)
Norman Nato saat beraksi di GP Barcelona (Foto: Dok. Sean Gelael)
Metrotvnews.cm, Spa-Francorchamps: Norman Nato terus menunjukkan performa yang konsisten. Pembalap asal Prancis ini kembali sukses menyumbang poin untuk tim Pertamina Arden yang didukung penuh oleh Jagonya Ayam KFC Indonesia, pada balapan pertama (Feature Race) Formula 2 di Sirkuit Spa-Fancorchamps, Belgia, Sabtu 26 Agustus 2017.

Nato memulai balapan 25 putaran tersebut dari posisi start ke-18. Dengan kerja keras sepanjang balapan disertai strategi yang jitu, pembalap 25 tahun tersebut bisa finis di urutan ke-10 dan berhak mengantongi satu poin. Nato menjaga tradisi meraih poin dalam lima seri terakhir.

Nato dan rekan satu timnya asal Indonesia, Sean Gelael (20 tahun), tidak bisa meraih hasil maksimal saat turun pada sesi kuaifikasi, Jumat (26/8/2017). Hujan dan bendera merah membuat sesi Nato dan Sean berantakan. Nato berada di urutan ke-18 pada akhir kualifikasi, sementara Sean berada satu strip di bawahnya yaitu ke-19.

Meski memulai balapan dari baris belakang, kedua pembalap tersebut tidak patah semangat. Pada putaran-putaran awal balapan, Nato berhasil memperbaiki posisi. Dengan beberapa pembalap melakukan pit stop wajib lebih awal, posisi Nato terus membaik.
 

Baca: Sean dan Nato Siap Kembali Beraksi Setelah Jeda Sebulan


Pada lap ke-10, ia berada di urutan ke-4. Namun, pada putaran berikutnya, dia dilewati Oliver Rowland (DAMS). Artem Markelov (Russian Time) memimpin balapan. Namun, Markelov dan Nato sama-sama belum melakukan pit stop wajib.

Sean berganti ban pada lap ke-11. Saat kembali ke lintasan, dia masih tertahan di posisi ke-17. Sean juga banyak kehilangan waktu dan terpaksa dua kali masuk pit stop karena masalah sayap depan. Nato melakuan pit stop pada lap ke-16, bersamaan dengan Markelov. Kembali ke lintasan, Markelov berada di posisi ke-6, sementara Nato di urutan ke-12. Satu putaran berikutnya Nato terlewati Alexander Albon (ART Grand Prix). Pada lap ke-20, Nato bisa kembali ke posisi ke-12.
 

Baca juga: Spa-Francorchamps, Sirkuit yang Penuh Tantangan


Dengan semua pembalap sudah melakukan pit stop wajib, Charles Leclerc (Prema Racing) memimpin balapan. Dia membalap hampir 20 detik lebih di depan Rowland yang berada di urutan kedua. Pada putaran-putaran terakhir balapan, Nato berhasil memperbaiki posisi dan naik ke urutan ke-11. Nato belum berhenti. Dia berhasil melewati Robert Visoiu (Campos Racing) dan naik ke posisi ke-10 yang dipertahankannya hingga balapan berakhir.

Dengan finis di urutan ke-10, Nato berhak mendapatkan tambahan satu poin. Nato finis delapan posisi lebih baik dari saat melakukan start. Sementara itu, Sean mengakhiri balapan dengan berada di urutan ke-17. Leclerc keluar sebagai pemenang balapan. Markelov dan Rowland turut naik podium setelah finis di urutan kedua dan ketiga.

Para pembalap masih punya satu kesempatan untuk berebut poin di Sirkuit Spa-Francorchamps yakni pada balapan kedua (sprint race) yang akan digelar Minggu (27/8).

Video: Dikalahkan Malaysia, Timnas Indonesia Gagal ke Final
  (ACF )