Polisi yang bantu Ibu Melahirkan di Pinggir Tol Peroleh Penghargaan

Lukman Diah Sari | 03 Juli 2017 06:26
Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa beri pengharagaan ke anggota Satlantas Polres Purwakarta dan Dokkes Kerawang di RS Siloam Purwakarta -- Foto: Istimewa
Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa beri pengharagaan ke anggota Satlantas Polres Purwakarta dan Dokkes Kerawang di RS Siloam Purwakarta -- Foto: Istimewa
Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa memberikan penghargaan kepada jajarannya yang telah membantu dua ibu yang melahirkan saat berlangsungnya arus balik Lebaran 2017.

"Mewakili Bapak Kapolri, kami mengapresiasi tindakan teman-teman dari Polres Purwakarta dan Polres Karawang. Di tengah kesibukan tugas arus mudik, mereka masih bisa menyelamatkan pemudik hingga tuntas," kata Irjen Royke dalam keterangan tertulisnya, Minggu 2 Juli 2017.

Penghargaan pertama diberikannya kepada jajaran Polres Purwakarta yakni Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti, Aipda Juanda Barus, Bripka Asep Sunandar dan Bripda Fachri Alim.

Keempatnya telah menolong seorang ibu bernama Sukiati, 43, melahirkan di pinggir Jalan Tol Cikampek-Palimanan atau Cipali kilometer 82 pada Minggu pagi.

Menurut dia, awalnya Bus Kiara Mas yang ditumpangi Sukiati mendadak berhenti di Jalan Tol Cipali kilometer 82. Kebetulan saat itu, Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman sedang melintas di lokasi untuk memantau arus balik Operasi Ramadniya 2017.

AKP Arman kemudian menghampiri Bus Kiara Mas yang berhenti di pinggir jalan tol karena mengakibatkan laju kendaraan tersendat.

Kemudian saat dilihat, ternyata ada seorang ibu yang tergeletak di pinggir jalan hendak melahirkan. Melihat hal itu, Arman kemudian mengambil tindakan untuk membantu ibu yang bernama Sukiati, warga Desa Tulis Selo Piro, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu.

Sukiati diketahui bepergian seorang diri saat itu. Dengan dibantu oleh ketiga jajarannya dan para penumpang lain, Arman menggotong Sukiati ke dalam mobil dinasnya.

Namun, karena kondisi arus lalu lintas cukup padat dan jarak tempuh ke rumah sakit cukup jauh, Sukiati akhirnya melahirkan di jalan.

Usai melahirkan, Sukiati dan bayi perempuannya kemudian dibawa ke Rumah Sakit Siloam, Purwakarta. "Bayinya selamat dan sehat, diberi nama Bhayangkariwati Ramadniya," kata Royke.

Sementara Kakorlantas juga memberikan penghargaan kepada jajaran dari Polres Karawang yang juga membantu mengevakuasi seorang ibu lainnya yang hendak melahirkan ke Rumah Sakit Lira Medika, Karawang, Jawa Barat, pada Kamis 29 Juni 2017.

"Para polisi yang berjasa ini, Kapolsek Telagasari, Bripda Lendra dari Dokkes dan Bripka Diki dari Lantas," tandasnya. (Des )