Pemerintah Ajukan Tambahan Belanja di RAPBNP 2017

Suci Sedya Utami | 19 Juni 2017 19:53
Menteri Keuangan Sri Mulyani. MTVN/SUci.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. MTVN/SUci.
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah tengah memfinalkan rancangan anggaran pendapatan dan belanja perubahan (RAPBN) 2017 dalam satu minggu mendatang untuk nantinya diajukan ke DPR RI.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ada beberapa berubahan yang harus dilaporkan dalam RAPBNP 2017 dan perlu diketahui parlemen. Diperkirakan potensi penambahannya hingga Rp10 triliun.

"Ada beberapa tambahan belanja yang perlu dimasukkan dalam APBNP," kata Ani, sapaan akrabnya, dalam acara buka puasa bersama media di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin 19 Juni 2017.

Ani menyebutkan, pertama yakni anggaran untuk persiapan gelaran pesta olahraga Asian Games 2018 sebesar Rp1,8 triliun. Meskipun acaranya akan berlangsung tahun depan, kata Ani, tambahan tersebut harus dibelanjakan tahun ini.

Kedua, yakni tambahan anggaran sertifikasi untuk 5.000 lahan yakni sebesar Rp1,2 triliun. Ketiga yakni anggaran untuk persiapan pilkada 2018. Namun, dirinya tak menyebutkan besaran angkanya.

"Memang ada beberapa pos belanja yang harus diakomodasi. Kami lihat beberapa proyek yang minta didanai," ujar Ani.

Lebih jauh, anggaran tersebut akan ditambal dari pengurangan anggaran pada pos belanja barang yang dikurangi dan dianggap tidak terlalu produktif seperti perjalanan dinas serta konsinyering. (SAW )