Komisi X Minta PTS Tingkatkan Kualitas

Anggi Tondi Martaon | 19 Juni 2017 15:04
 Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa. Foto: Dok. DPR
Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa. Foto: Dok. DPR
Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi X DPR RI meminta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengatasi kesenjangan mutu pembelajaran perguruan tinggi swasta (PTS), khususnya di luar Pulau Jawa. Pasalnya, masih banyak kualitas PTS di luar Pulau Jawa tertinggal jika dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri (PTN).

Hal itu disampaikan oleh anggota Panja Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI) Ledia Hanifa saat berkunjung ke Balikpapan. Menurutnya, kesenjangan mutu pendidikan antara PTS dengan PTN dapat menghambat produktivitas dan Inovasi di PTS.
 
Ledia menyampaikan, banyaknya PTS yang ada di Indonesia menjadi alasan mengapa standar nasional pendidikan belum dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Selain kesenjangan, masalah lain yang juga menjadi persoalan adalah banyaknya program studi (prodi) yang tidak diterima di masyarakat.

"Kita memiliki sejumlah persoalan terkait hal ini. Memang jumlah Universitas di Indonesia terlalu banyak rasionya, ini yang membuat kualitas jadi terbatas, " kata Ledia dalam keterangan tertulis, Senin 19 Juni 2017.

Politisi Fraksi PKS tersebut meminta kepada PTS untuk menyesuaikan diri dengan sistem nasional Perguruan Tinggi (PT) agar mampu meningkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas itu diyakini dapat melahirkan lulusan yang berkualitas.

"Saya berharap standar regulasi yang ada di PT bisa di implementasikan, mereka juga harus bekerja sama dengan dunia industri agar sudah dipastikan alumninya akan kerja dimana, akhirnya," tekan Ledia menambahkan.
(ROS )