Samsung Galaxy A8 2016 Meluncur, Ini Spesifikasinya

Lufthi Anggraeni | 03 Oktober 2016 09:41
Samsung merilis Galaxy A8 (2016) di Korea Selatan, melalui operator SK Telecom.
Samsung merilis Galaxy A8 (2016) di Korea Selatan, melalui operator SK Telecom.
Metrotvnews.com: Samsung merilis smartphone seri A terbaru, yaitu Galaxy A8 (2016), di Korea Selatan. Ponsel cerdas ini ditawarkan oleh salah satu operator seluler terbesar di Korea Selatan, SK Telecom.

Samsung Galaxy A8 (2016) hadir dengan desain serupa dengan perangkat pendahulunya, dengan sudut membulat serta bentuk tombol Home fisik serupa.

Berdasarkan klaim SK Telecom, perangkat ini hadir dengan balutan bahan full-metal di bagian belakang, meski foto yang beredar tidak menampilkan sisi belakang perangkat tersebut.

Foto yang ditampilkan SK Telecom juga sesuai dengan bocoran gambar yang telah beredar. Selain itu, perangkat ini juga memiliki sejumlah perubahan terkait fitur yang diusungnya.

Samsung Galaxy A8 2016 masih hadir dengan ukuran layar dan resolusi serupa pendahulunya, namun berbekal fitur Always On Display (AOD).

Android Authority juga melaporkan, menggunakan antarmuka Grace UX yang juga tersedia pada Galaxy Note 7, Samsung Galaxy A8 2016 juga berbekal fitur AOD lebih baik dibandingkan dengan fitur yang sama pada Samsung Galaxy S7.

Selain itu, ponsel cerdas ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh, lebih besar dibandingkan model sebelumnya, dengan bekal baterai berkapasitas 3.050 mAh. Samsung juga menyebut Galaxy A8 (2016) didukung RAM 3GB, lebih besar dibandingkan pendahulunya dengan RAM 2GB, namun menggunakan Exynos 7420 octa-core yang sama dengan seri Galaxy S6.

Di segi kamera, Samsung Galaxy A8 (2016) dilengkapi kamera serupa pendahulunya. SK Telecom menyebut, perangkat ini hadir dengan kamera belakang 16MP dan kamera depan 8MP, lebih tinggi dari versi sebelumnya yang hanya dilengkapi kamera depan 5MP.

Perubahan signifikan lain dapat ditemukan pada pembekalan Samsung Pay. Sementara itu, serupa perangkat seri A 2016 lain, Samsung Galaxy A8 (2015) kini didukung Samsung Pay terbaru, dengan sensor pemindai sidik jari yang tersemat pada tombol Home.

Samsung Galaxy A8 (2016) akan ditawarkan secara ekslusif di Korea Selatan dalam pilihan warna biru oleh SK Telecom, melalui program pre-order yang dimulai sejak 1 Oktober. Namun hingga saat ini, belum tersedia informasi terkait ketersediaan ponsel ini di luar pasar Korea Selatan. (MMI )