7 Tanda Tubuh Mengalami Gangguan Kesehatan

Torie Natalova | 03 Oktober 2016 08:42
(Foto: Heathy Lliving)
(Foto: Heathy Lliving)
Metrotvnews.com, Jakarta: Alangkah baiknya jika kita rutin melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan. Namun, kesibukan menjadi alasan seseorang tak sempat melakukannya.

Sebenarnya, kondisi kesehatan bisa diketahui dengan melihat ciri fisik. Apakah Anda mengalami hal seperti dijabarkan di bawah ini? Jika ya, kemungkinan Anda sedang mengalami masalah pada kesehatan.

1. Masalah tidur

Tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari merupakan indikasi ada yang salah dalam kebiasaan Anda. Apakah itu makan makanan yang salah, konsumsi terlalu banyak kafein pada malam hari, atau tidak mengeluarkan energi yang cukup sepanjang hari. Seperti diketahui, kurang tidur bisa memicu penyakit lainnya.

2. Kulit buruk

Kualitas kulit tubuh menunjukkan kesehatan Anda. Pola makan yang buruk akan mempengaruhi kualitas kulit. Jika Anda melihat ada noda seperti stretchmark, itu tanda ada sesuatu yang salah pada kesehatan Anda.

3. Suhu tubuh berubah-ubah

Kaki dan tangan dingin bisa jadi pertanda adanya masalah kardiovaskular. Secara khusus, tangan dan kaki yang dingin bisa berarti Anda mengalami masalah sirkulasi dan tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang normal.

4. Jari dan kuku tangan berubah warna

Lihatlah kondisi jari dan kuku tangan kaki Anda. Warna kuku yang normal adalah kemerahan. Jika kondisinya berubah warna menjadi pucat atau biru, bisa jadi pertanda adanya masalah dalam tubuh. Kuku Anda dapat memberitahu banyak hal tentang kesehatan Anda.

5. Warna urine

Cobalah untuk melihat warna air kencing Anda. Jika warnanya kuning pekat dan bau menyengat bisa jadi tanda ada masalah dalam tubuh. Selain itu, perhatikan jadwal buang air besar Anda. Jika Anda buang air besar tidak teratur dan keras, itu tanda tubuh kurang serat.

6. Pikiran kosong

Kemampuan kognitif dan kesehatan otak berkaitan erat dengan kondisi fisik Anda. Itu berarti bahwa obesitas dan peningkatan kadar lemak tubuh dapat memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan Anda untuk berpikir. Jadi, jika Anda tidak dapat konsentrasi dan fokus, sebaiknya mulai perhatikan berat badan Anda.

7. Bibir pecah-pecah

Bibir terus pecah-pecah bisa menjadi cara tubuh untuk memberitahu ada yang salah dengan kondisi kesehatan Anda. Keadaan atau kesehatan bibir merupakan indikator kadar vitamin dalam tubuh Anda. Pastikan Anda mendapat nutrisi terutama vitamin yang sesuai kebutuhan, termasuk jika Anda sedang diet. (DEV )