Batu Permata Terindah Ada di Pameran Ini

Patricia Vicka | 19 September 2014 15:48
Batu permata (Foto:Antara/Yudhi Mahatma)
Batu permata (Foto:Antara/Yudhi Mahatma)
Metrotvnews.com, Jakarta: Kaum hawa biasanya menyukai batu mulia. Jenis batu ini memang cantik untuk dijadikan aksesori pelengkap penampilan.

Jika Anda kolektor atau tengah mencari batu mulia, di Mangga Dua Square, Jakarta, tengah digelar pameran batu mulia hingga Minggu, 21 September 2014. Pameran bertajuk 'Pameran Batu Mulia Indonesia' itu menampilkan puluhan ribu batu mulia dari berbagai daerah di Tanah Air.

"Ada batu bacan dari Halmahera, lumut giok dari Aceh, hingga kalimaya dari Banten yang terkenal paling indah di dunia," ujar Ketua Panitia Pameran Batu Mulia Suwandi Gazali di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Batu mulia berbagai warna itu dijual dari kisaran harga Rp500 ribu hingga ratusan juta rupiah. Tidak tanggung-tanggung, Suwandi menargetkan transaksi hingga akhir acara dapat mencapai Rp50 miliar. Tampaknya target itu tidak begitu muluk mengingat pengunjung yang membeludak dalam pameran dan kualitas batu mulia yang ditawarkan.

Selain sebagai perhiasan, batu mulia dapat menjadi alat investasi yang menjanjikan. Sebab, gemstone (batu permata) merupakan barang yang terbatas dan tidak dapat dibudidayakan atau diperbarui.

"Nilai pertumbuhan investasi batu mulia bisa sekitar 25 persen-30 persen," ungkapnya.

Suwandi menggarisbawahi misi penyelenggaraan pameran batu mulia terbesar itu ialah untuk melestarikan budaya dan citra rasa nusantara dalam menghargai kekayaan batu permata asli Indonesia sebagai salah satu alat pemersatu bangsa.

"Kami berharap batu mulia Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bahkan bisa mengharumkan nama bangsa di mata dunia," tandasnya. (ROS )