Dari Redaksi

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berikut aneka perangkatnya membuat informasi melimpah ruah. Bagi pembaca, membanjirnya informasi tentu memudahkan mereka mendapatkan aneka hal yang dibutuhkan. Dari peristiwa yang tengah terjadi hingga pelbagai kebutuhan personal.


Namun, banjir informasi tentu bisa merepotkan. Karena informasi, apapun jenisnya, menyerbu tanpa ampun. Bisa dibayangkan betapa repotnya mengelola e-mail yang setiap hari menerima ratusan pesan? Atau serbuan tweet dari akun twitter yang juga tidak kalah banyaknya. Lagipula, tidak semua informasi itu dibutuhkan pembaca. Masing-masing pembaca memerlukan informasi berbeda.


Media, apapun bentuknya, lebih-lebih portal, harus bisa menyaring dan menyajikan berita sesuai kebutuhan pembaca. Pengelola harus melakukan otentifikasi dan verifikasi. Sebelum dibagikan kepada pembaca, pengelola harus memastikan berita tersebut benar adanya melalui serangkaian proses verifikasi.


Langkah berikutnya adalah kontekstualisasi. Agar mendapatkan perspektif yang benar, pengelola media juga harus menempatkan berita atau informasi dalam konteks yang tepat. Termasuk memberikan informasi yang lebih dalam. Agar pembaca tidak mendapatkan informasi yang salah atau misleading.


Untuk memenuhi kebutuhan itu, Metrotvnews.com di setiap minggunya menyajikan Liputan Khusus. Seperti namanya, Liputan Khusus didesain untuk mengangkat tema-tema khusus yang sedang menjadi sorotan atau yang justru luput dari perhatian. Disajikan dengan renyah dalam pelbagai perspektif yang komplet, pembaca akan mendapatkan gambaran utuh tentang suatu masalah. Selamat menikmati!